THE IMPLICATION AND APPLICATION OF SIMALUNGUN LANGUAGE MAINTENANCE ON LEARNING ENGLISH
Abstract
Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui pemeliharaan bahasa Simalungun dalam belajar bahasa Inggris. Dalam penulisan ini, untuk memecahkan masalah, digunakan beberapa teori, yaitu Lado (1964:23), Saragih (2012:5), Oriyama (2010:95), Kelly (2000:47), Jones (1958:15), Roach (2002), Kelly (2000:47), Unesco (2003:15), dan Holmes (2001: 21). Sumber data dikumpulkan dari sumber-sumber pertama berupa penelitian kepustakaan. Studi pustaka dilakukan dengan mengumpulkan kata ganti personal dari buku Simalungun dan buku bahasa Inggris, seperti kamus dan ensiklopedi. Sumber kedua adalah penutur Simalungun asli. Penulis mewawancarai penutur yang menjadi subjek penelitian yang terdiri atas beragam usia, jenis kelamin, latar belakang. Penulis mendengar bunyi 'd' diucapkan 't' dalam kata dan terjadi penghilangan bunyi u, r, dan a. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemeliharaan bahasa pada pelafalan bahasa Simalungun terjadi pada pelafalan konsonan ‘d’ yang dilafalkan ‘t’ yang memiliki implikasi dan aplikasi dalam bahasa Inggris. Setelah menganalisis data, penulis berupaya memberikan jawaban yang berhubungan dengan masalah. Penulis berharap dapat membantu pembaca untuk mengetahui implikasi dan aplikasi pemeliharaan bahasa Simalungun dalam belajar bahasa Inggris dan juga dapat membuat bunyi dari bahasa Simalungun sebagai kemudahan dalam belajar bahasa Inggris untuk memngembangkan pelafalan dari vokal dan konsonan.
Full Text:
PDFReferences
Assistence Multi Lingual Matters. Multilingual matters Ltd.Canada.
Amrin Saragih (http://imas-usu.blogspot.com/2012/01/.html, accessed on 14 July 2012)
Bayley, Robert, dkk. Language Maintenance and Shift The Oxford Handbook of Sociolinguistics.
Damanik, Ramlan. 2009. Pemertahanan Bahasa Simalungun di kabupaten.
Fishman, Joshua A. 1997. reversing Language Shift: theoretical and Empirical Fondation of
Hayward, Katrina. 2000. Experimental Phonetics. England: Longman.
Holmes, Janet. 2001. An Introduction to Sociolinguistic. Endinburgh: pearson Education.
Lado, Robert. 1964. “Language Teaching a Scientificapproach”. Newyork.
Lado, Robert. 1964. Language Teaching a Scientific Approach. New York.
Nazaruddin. 2010. The Parents Roles in Maintaining BML in Langkat. English Applied Linguistics Study Program the state University of Medan. A Thesis
Oriyama, K. 2010. Heritage Language Maintenance to Japanese Identity formation. Heritage Language Journal Purba.
Juliaman. Sinalsal (Sahap pakon aksara Simalungun). Dewan Pimpinan Pusat, Pematang Siantar: 2008.
Purba, Rudolf, dkk. 2012. “Pematang Siantar: Peradaban Bahasa Simalungun”.
Purba, DKJD. Sejarah Simalungun. Jakarta: Bina Budaya Simalungun. a thesis.
Roach, Peter. 2000. English Phonetics and Phonology. Cambridge: University Press.
UNESCO. 2003. Language Vitality and Language endangerment: Unesco ad 1 Group on Endangered language. Paris
Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
W. Best, John. 1982. Methodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional, A thesis.
http://ic.payap.ac.th/graduate/linguistics/theses/DuanLei_Thesis.pdf
http://www.english.wisc.edu/rfyoung/336/attitudes.pdf.
http://www.oxfordhandbooks.com/view/10.1093/oxfordhb/9780199744084.001.0001/oxfordhb-9780199744084-e-16